Kamis, 15 November 2012

Mencegah Penyakit Jantung


Tips Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung dapat disebabkan karena berbagai macam penyakit yang dapat memperngaruhi bagian mana pun dari jantung. Karena itu, sakit jantung yang umum dikenal dan paling banyak di derita adalah penyakit jantung koroner atau penyakit arteria koroner.

Mencegah Penyakit Jantung
Penyakit ini paling sering menyebabkan serangan jantung pada seseorang yang dapat menyebabkan kematian. Penyebabnya karena jantung meminta oksigen melebihi yang tersedia sehingga memicu serangan jantung. Tidak seperti jaringan yang lain, otot jantung tidak mengalami regenerasi.

Selain penyakit jantung koroner yang disebabkan karena penumpukan lemak di dinding arteri, ada juga penyakit jantung lainnya yang disebabkan kelainan semenjak lahir. Misalnya jantung yang tidak sempurna, kelainan katup jantung, melemahnya otot jantung. Penyebab lain adalah bakteri yang menyebabkan infeksi pada jantung.

Untuk menghindari penyakit jantung, anda dapat melakukan hal yang seperti dibawah ini:


Hindari makanan yang mengandung kolesterol (LDL) tinggi.

Keadaan tersebut dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. 


Mengonsumsi makanan yang berserat tinggi (Sayur dan buah).

Serat terdiri dari dua jenis, yakni serat larut dan tak larut. Serat yang larut dalam tubuh dapat mengikat kolesterol dan mengeluarkannya dari tubuh. Peran itulah yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah hingga menurunkan resiko penyakit jantung.


Stres dapat menyebabkan arteri yang tertimbun plak menyempit dan ini menurunkan aliran darah hingga 27 persen. Penyempitan yang berarti terlihat bahkan pada arteri yang terkena penyakit ringan. Alkohol dapat menaikkan tekanan darah, memperlemah otot jantung, mengentalkan darah dan menyebabkan kejang arteri yang dapat menyebabkan serangan jantung.

Merokok meningkatkan tekanan darah dan memasukkan zat-zat kimia beracun ke dalam tubuh, seperti nikotin dan karbon monoksida, ke dalam aliran darah.

Kendalikan tekanan darah 

Tekanan darah yang tinggi menyebabkan pembesaran otot jantung kiri sehingga jantung beresiko mengalami gagal fungsi. Dengan menerapkan pola hidup sehat, Anda dapat mencegah dan mengurangi resiko terserang penyakit jantung.



Cara Mencegah Penyakit Jantung


Walaupun 7 tips pertama anda ikuti, dan anda juga nggak ngerokok, anda sudah mengurangi kemungkinan serangan jantung sampai dengan 90 persen! Ini semacam ujian bagi anda, Jika anda sukses melakukan hal ini, kemungkinan anda mulai akan melakukan kompromi2 yang lain. O yah, coba telepon rekan perempuan anda, karena mereka akan lebih mendukung anda. 

Tenakan darah anda mungkin bahkan lebih penting daripada kolesterol anda. Dan, anda bisa menurunkan tekana ini sendiri. Olah raga teratur, dan kurangi lemak di perut. Kenapa? 3. Makan 250gr kacang2an setiap hari. Kacang juga membantu menyehatkan jantung dengan alasan yang belum jelas. Kacang memiliki kadar asam lemak Omega 3 tinggi, memiliki protein dan serat tinggi. 


Coba cari tahu kadar HDL anda dan coba tingkatkan sampai di nilai 50. Saus tomat penuh dengan kalium yang menurunkan tekanan darah. Yang saya maksud, bukan saus tomat yang asin, gurih dan berlemak, atau yang disajikan dengan pasta dalam jumlah raksasa. Jarang ada orang yang tahu bahwa kesehatan mulut anda mempengaruhi semua kesehatan arteri anda, yang mempengaruhi keadaan aliran darah ke jantung dan organ seksual anda, bahkan, mempengaruhi kerutan pada kulit.


Lemak jenuh dan lemak trans akan menyebabkan radang arteri. Kenapa? karena jika anda makan gula berlebihan, ujung2nya jadi lemak juga, yang ditumpuk di sekitar perut. 

Minum alkohol? Tapi sering ditemukan bahwa mereka yang tidak minum alkohol sama sekali, malah memiliki kemungkinan serangan jantung lebih tinggi daripada mereka yang minum sedikit2.  Makan  porsi sayuran dan buah setiap hari.


Mencegah dan Menyembuhkan Penyakit Jantung


Mungkin Anda ingin menurunkan beberapa kg berat badan Anda, menurunkan kolesterol Anda, atau menjauhi obat? Dan ia ingin membuktikan bahwa penyakit jantung bisa disembuhkan, tanpa operasi atau obat, tetapi hanya dengan perubahan pola makan dan gaya hidup saja. Gagasan ini belum terpikirkan oleh sejumlah kalangan, karena pandangan lama masih menganggap bahwa penyakit jantung hanya dapat diobati dengan satu cara yaitu dengan obat untuk menurunkan kolesterol, obat jantung, dan bila perlu, operasi jantung. 

Pola makan vegetarian yang rendah lemak
Tidak merokok

Satu tahun kemudian, semua pasien mengadakan angiogram—sinar x khusus yang dapat menunjukkan penyumbatan pembuluh darah jantung, dan hasilnya dibandingkan dengan  pemeriksaan yang sama yang dilakukan pada awal penelitian.

Dan pembuluh darah jantung mereka yang telah tersumbat bertahun-tahun mulai terbuka kembali. Hasil ini dipublikasi di majalah The Lancet pada tahun 1990 dan memberikan dokter sebuah cara untuk membalikkan penyakit jantung. Tetapi dari 17 pasien yang mengikuti program tersebut, tidak dijumpai satu pun serangan jantung dalam 12 tahun! Mereka tetap hidup dan sehat—dan berhasil membalikkan penyakit mereka. Yang selamat biasanya mendapatkan serangan jantung kembali setelahnya.

Setiap hari, hampir 2.600 orang Amerika meninggal karena berbagai macam penyakit jantung, termasuk serangan jantung, stroke, dan penyakit ginjal yang diakibatkan penyumbatan pembuluh darah ke ginjal. Tetapi ini tidak perlu terjadi.

Tetapi, pertama-tama, apa itu penyakit jantung?

Benjolan ini disebut plak dan terbentuk karena kolesterol, lemak, dan sel yang tumbuh berlebihan pada lapisan pembuluh darah otot. Tetapi sebenarnya ini bisa berhasil.

Ini adalah faktor-faktor risiko utama:

Tingkat Kolesterol yang tinggi. Apakah kolesterol Total Anda di atas 200? Tetapi, seperti yang kita lihat, kita akan menentukan target kolesterol yang lebih ketat—sekitar 150. Idealnya, tekanan darah Anda seharusnya di bawah 120 dan 80.
Baik diabetes type 1 dan type 2 menambah risiko Anda.

Apakah Anda merokok? Merokok merusak pembuluh darah dan jantung, menyebabkan semakin tinggi kemungkinan terkena penyakit jantung.
Gaya hidup yang kurang gerakan. Anggota keluarga yang berpenyakit jantung. Jika anggota keluarga Anda ada yang berpenyakit jantung, artinya Anda mempunyai gen yang dapat menambah risiko terhadap masalah jantung. Stress yang kronis, dan yang disebut-sebut sebagai orang yang berkepribadian “type A” —yakni, orang yang sangat tidak sabar dan bergaya bos.

Umur: Pria 45 tahun atau lebih dan wanita 55 tahun atau lebih mempunyai risiko yang lebih tinggi. Akan tetapi, risiko tidak ada hubungannya samasekali dengan umur, tetapi lebih dengan pola makan yang tidak baik, merokok, atau kebiasaan tidak sehat lainnya dalam jangka waktu panjang.

Bagaimana saya memilih makanan yang bisa menurunkan kolesterol dan membuat jantung saya sehat?
Jika Anda ingin berbicara kepada masyarakat tentang peranan pola makan vegan dalam mencegah dan mengobati Penyakit Jantung, silakan menggunakan ceramah Mencegah dan Membalikkan Penyakit Jantung ini sebagai template untuk pembahasan Anda.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar