Kamis, 15 November 2012

Macam Penyakit Jantung


Macam - Macam Penyakit Jantung

Macam Penyakit Jantung

Dari kata Yunani cardia untuk jantung. Jantung merupakan salah satu organ terpenting tubuh, kelainan pada jantung dapat beresiko kematian. 
Masalah pada jantung dibagi karena kegagalan organ jantung seringkali hampir menjadi dua bagian, yaitu penyakit jantung dan serangan jantung.

Penyakit Jantung


Penyakit jantung adalah sebuah kondisi yang menyebabkan Jantung tidak dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

Otot jantung yang lemah. 

Otot jantung yang lemah membuat penderita tak dapat melakukan aktivitas yang berlebihan, karena pemaksaan kinerja jantung yang berlebihan akan menimbulkan rasa sakit di bagian dada, dan kadangkala dapat menyebabkan tubuh menjadi nampak kebiru-biruan. Penderita lemah otot jantung ini mudah pingsan. Hal ini menyebabkan darah bersih dan darah kotor tercampur.

Gagal jantung 


Serangan Jantung / Jantung Koroner

Serangan jantung / Jantung Koroner adalah sebuah kondisi yang menyebabkan jantung sama sekali tidak berfungsi. Kondisi ini biasanya terjadi mendadak, dan sering disebut gagal jantung. Penyebab gagal jantung bervariasi, namun penyebab utamanya biasanya adalah terhambatnya suplai darah ke otot-otot jantung, oleh karena pembuluh-pembuluh darah yang biasanya mengalirkan darah ke otot-otot jantung tersebut tersumbat atau mengeras, entah oleh karena lemak dan kolesterol, ataupun oleh karena zat-zat kimia seperti penggunaan obat yang berlebihan yang mengandung Phenol Propano Alanin (ppa) yang banyak ditemui dalam obat-obat seperti Decolgen, dan nikotin.

Jantung bocor

Jantung Bocor adalah suatu kondisi dimana terdapat lubang pada sekat jantung akibat kelainan struktur jantung. Umumnya, penyakit jantung bocor merupakan penyakit bawaan sejak lahir.
Angka penderita jantung bocor cukup tinggi.

Ciri-ciri penyakit Jantung secara umum :

* Serangan jantung koroner terjadi karena pembuluh arteri jantung yang memasok darah ke jantung mengalami penyumbatan karena mengeras. Penyakit Jantung merupakan penyakit pembunuh yang tanpa diduga dan dapat terjadi kapan saja.
Penyakit jantung adalah penyakit yang mengganggu sistem pembuluh darah atau lebih tepatnya menyerang jantung dan urat-urat darah. 

Beberapa contoh penyakit jantung seperti jantung koroner, serangan jantung, tekanan darah tinggi, stroke, sakit di dada (biasa disebut "angina") dan penyakit jantung rematik. Penyakit jantung koroner merupakan penyakit jantung yang penderitanya paling banyak. Penyakit ini menyerang pembuluh darah dan dapat menyebabkan serangan jantung. Namun, tidak semua penyakit jantung disebabkan oleh terserangnya pembuluh darah. Jantung yang bedetak tidak normal biasanya disebut arryhytmia (sering juga disebut dengan dysrhythmia). 

Atau gagal jantung merupakan pemyakit jantung yang paling menakutkan.
Rusaknya katup jantung. Katup jantung terdapat pada setiap bilik jantung (jantung kita memiliki empat buah bilik) yang berfungsi mengatur aliran darah searah menuju jantung.

Atau biasa disebut dengan kelainan pada jantung. Tanpa penanganan yang baik, cardiomyopathies akan menyebabkan penyakit yang lebih buruk seperti gagal jantung atau menyebabkan jantung berdetak tidak normal.
Adalah radang yang mengelilingi lapisan jantung. Ada banyak faktor yang menyebabkan kerentanan terhadap penyakit jantung.

Penyakit Jantung, Tips dan Pengobatan - 8 Macam Penyakit Jantung


Penyakit jantung, tips dan pengobatan - Penyakit jantung banyak sekali macamnya. Mengingat ganasnya penyakit jantung, kita harus berupaya untuk mencegah agar kita tidak terkena penyakit jantung.

1. Aterosklerosis.



Bila terjadi pada dinding arteri jantung, maka disebut penyakit jantung koroner (coronary artery disease) atau penyakit jantung iskemik.



Salah satu gejala aterosklerosis jantung adalah Angina pektoris, yaitu rasa nyeri/tidak enak di daerah jantung dan dada karena berkurangnya pasokan darah ke otot jantung. Otot-otot jantung rule tidak tersuplai darah Akan mengalami kerusakan atau kematian mendadak.



2. Kardiomiopati



Kardiomiopati adalah kerusakan/gangguan otot jantung sehingga menyebabkan dinding-dinding jantung tidak bergerak sempurna dalam menyedot dan memompa darah.


3. Arritmia


Arritmia berarti irama jantung tidak traditional, rule bisa disebabkan oleh gangguan rangsang dan penghantaran rangsang jantung ringan maupun berat.



4. Gagal Jantung Kongestif

Gagal jantung adalah ketidakmampuan jantung untuk memompa darah secara efektif ke seluruh tubuh.



 5. Fibrilasi chamber


Fibrilasi chamber adalah gangguan ritme listik jantung rule mengganggu chamber.

6. Inflamasi Jantung


Inflamasi jantung dapat terjadi pada dinding jantung (miokarditis), selaput rule menyelimuti jantung (perikarditis), atau bagian dalam (endokarditis).


7. Penyakit Jantung Rematik

Penyakit jantung rematik adalah kerusakan pada katup jantung karena demam rematik, rule disebabkan oleh bakteri streptokokus.

8. Kelainan Katup Jantung

Katup jantung berfungsi mengendalikan arah aliran darah dalam jantung.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar